List Artikel

ISU SULFIT PADA PRODUK MINUMAN

Pemahaman tentang isu sulfit pada produk pangan antara regulator dan pemain industri pangan masih belum sejalan di Indonesia, termasuk dalam hal regulasi. Ketimpangan informasi inilah yang menyebabkan penerapan regulasi sulfit di Indonesia belum optimal. Hal tersebut disampaikan Prof. Nuri Andarwulan, Guru Besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB dalam FOODREVIEW INDONESIA in-depth seminar bertema "Update on Bevarage Processing Technology" Kamis, 2 Juni di IPB International Convention Center, Bogor.

 

GENETICALLY MODIFIED ORGANISMS (GMO)

Ancaman terjadinya krisis pangan yang mengiringi peningkatan penduduk di dunia, mendorong dilakukannya berbagai inovasi dalam memproduksi pangan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi.  Salah satu inovasi yang dilakukan adalah berupa produk pangan rekayasa genetik yang diproduksi menggunakan bahan baku, bahan tambahan pangan, dana atau bahan lain yang dihasilkan dari proses rekayasa genetik. Rekayasa genetik dilakukan dengan cara pemindahan gen antara satu makhluk hidup lainnya. Genetically Modified Organisms (GMO) didefinisikan sebagai organisme baik tumbuhan, hewan maupun organisme lainnya yang susunan DNA nya diubah melalui penggunaan teknologi rekombinasi DNA.

 

Bagaimana Mendapatkan Label Halal?

Sebagai negara yang penduduknya mayoritas muslim, logo halal ini memang menjadi perhatian publik. Untuk memastikan kehalalalan sebuah makanan, cara yang paling mudah dengan mengecek label kemasan pangan, apakah  terdapat logo atau tulisan HALAL.

 

Menuju Keamanan Pangan di Pasar Tradisional

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan tahun 2012, terdapat 17.445 pasar (BPOM, 2013). Dari sisi ekonomi, pasar tradisional menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi. Di sisi lain, pasar memiliki posisi strategis dalam menyediakan pangan yang aman. Penyediaan pangan yang aman di pasar dipengaruhi oleh keberadaan pelaku usaha pangan (mulai dari produsen pangan sampai dengan pedagang di pasar ) serta pengelola pasar, sarana dan prasarana pasar, penanganan pangan dan sanitasi. Maraknya pemberitaan di media massa mengenai peredaran pangan mengandung bahan berbahaya di pasar seperti mie berformalin, bakso yang mengandung boraks, dan kudapan yang mengandung pewarna tekstil menjadi keprihatinan tersendiri mengingat masyarakat kita banyak bergantung pada keberadaan pasar.

 

Understanding & Managing Allergens In The Food Industry

Alergen Pangan adalah komponen penyebab alergi yang terdapat pada pangan. Dalam beberapa waktu terakhir, alergen pangan mendapat perhatian yang cukup serius. Bahkan di beberapa negara, pencantuman kandungan alergen pangan dalam suatu produk sudah diwajibkan. Cepat atau lambat, industri pangan Indonesia juga harus memberikan perhatian terhadap perkembangan tersebut, terutama untuk produsen yang mengekspor produknya ke negara yang mewajibkan pelabelan alergen.

 

Regulasi Seputar Pelabelan dan Klaim

Label merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pangan olahan. Label mempunyai berbagai manfaat, baik bagi konsumen, produsen, maupun pemerintah. Label dapat digunakan di antaranya sebagai sarana informasi, edukasi, promosi, dan identifikasi. Keterangan atau informasi yang dimuat dalam label harus jelas, mudah dimengerti oleh masyarakat, benar dan tidak menyesatkan, baik mengenai tulisan, gambar, atau bentuk apapun lainnya. Hal ini sesuai dengan ketentuan dalam Undang-undang No. 18/2012 tentang Pangan serta Peraturan Pemerintah No.69/1999 tentang Label dan Iklan Pangan.

 

Ini Cara Kemendag Rayakan Hari Konsumen Nasional 2014

Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Standarisasi dan Perlindungan Konsumen (Ditjen SPK) mulai menggelar rangkaian aktivitas untuk memperingati Hari Konsumen Nasional 2014.

Dengan tema ‘Gerakan Konsumen Cerdas, Mandiri, dan Cinta Produk Dalam Negeri’, beragam kegiatan sudah dimulai hingga puncak acara peringatan yang berlangsung pada 23 April 2014.

 

Tetra Recart ® Innovative Choice for Canned Food

Selama ini, kemasan karton umumnya digunakan untuk produk-produk cair seperti susu, teh, jus dan minuman lainnya. Padahal, banyak jenis produk pangan yang diproses menggunakan teknologi retort yang juga membutuhkan kemasan karton, termasuk sayur dan buah-kaya akan zat gizi penting untuk mendukung kesehatan tubuh. Melalui serangkaian inovasi, Tetra Pack akhirnya berhasil mewujudkan impian tersebut. Kini, produk pangan yang diproses dengan retort juga dapat dikemas menggunakan karton.

 

Understanding & Managing Allergens In The Food Industry

Alergen Pangan adalah komponen penyebab alergi yang terdapat pada pangan. Dalam beberapa waktu terakhir, alergen pangan mendapat perhatian yang cukup serius. Bahkan di beberapa negara, pencantuman kandungan alergen pangan dalam suatu produk sudah diwajibkan. Cepat atau lambat, industri pangan Indonesia juga harus memberikan perhatian terhadap perkembangan tersebut, terutama untuk produsen yang mengekspor produknya ke negara yang mewajibkan pelabelan alergen.

 

Soy Story

Penelitian tentang manfaat kedelai sebagai pangan fungsional sudah banyak dilakukan. Kedelai yang diberi julukan “the golden beans” ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Klaim bahwa mengonsumsi protein kedelai sebanyak minimal 25 gram sehari dapat mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskuler sudah disetujui oleh FDA Amerika Serikat.

 
1 | 2|