Rubrik

Sosialisasi Peraturan Dirjen Perhubungan Udara : Pemeriksaan Kargo

Posted On : 2011-06-24 08:13:23

Pada tanggal 23 Juni 2011 bertempat di Ruang Garuda, Kementerian Perindustrian, Direktorat Industri Agro telah menyelenggarakan sosialisasi Peraturan Dirjen Perhubungan Udara No. SKEP 255/IV/2011 tentang Pemeriksaan Kargo dan Pos yang Diangkut oleh Pesawat Udara.

Hal yang melatarbelakangi adanya peraturan tersebut adalah :

  1. Angkutan Kargo dan Pos sangat kental dengan aspek komersial, sehingga akan terjadi conflict of interest kalau pemeriksaan security tersebut dilakukan bukan oleh independent body.
  2. Apabila pemeriksaan keamanan terhadap cargo dan pos dilakukan  di Lini 1 (cargo warehouse)  secara penuh (yaitu satu per satu masuk mesin x-ray) sementara space, petugas dan peralatan pemeriksa terbatas, maka akan terjadi penumpukan kargo dan pos yang mengganggu arus kargo, yang akhirnya akan mengganggu perkembangan ekonomi nasional, serta berkumpulnya banyak orang akan menyulitkan dalam pemeriksaan dan pengawasan keamanannya.

Kondisi saat ini yang terjadi yaitu “pemeriksaan pertama/first check” dilakukan di tempat “penerimaan akhir/final gate” (Lini 1), yang seharusnya hal itu dilakukan di luar Lini 1. Semua barang yang ada di lini 1 harusnya sudah dalam kondisi “ready for carried” bukan “standby for checked”, perlu diketahui:

  •   Pergudangan adalah “Crowd Center” yaitu “Peoples + Vehicles + Goods” ada dalam satu alur di area/lahan pergudangan yang sangat terbatas.
  • Aviation business adalah “Time, Space & Quality Sensitive”
  • Konsep pergudangan yang ada sekarang adalah “Multi & Separate Warehouses” seharusnya “Integrated Cargo Terminal”.

Informasi lebih lanjut mengenai sosialisasi Peraturan Dirjen Perhubungan Udara ini, dapat didownload di link bawah ini.

 

Sosialisasi SKEP 255 Tentang Pemeriksaan Kargo dan Pos di pesawat udara.ppt