Rubrik

Seminar Food Safety Management System

Posted On : 2011-06-20 11:06:05

Jakarta- Pada tanggal 16 Juni 2011 di Hotel JW. Marriot, GAPMMI telah menyelenggarakan seminar Food Safety Management Systems yang bekerjasama dengan LRQA (Llyod’s Register Quality Assurance). Dalam seminar tersebut membahas mengenai perkembangan perdagangan dalam negeri dan ekspor menuntut persyaratan mutu dan keamanan pangan yang ketat.

masalah pengelolaan mutu dan keamanan pangan menjadi hal yang utama yang harus diperhatikan karena berkaitan langsung dengan kesehatan umum. Kegagalan dalam pengelolaan keamanan pangan menyebabkan produk pangan asal Indonesia tidak diijinkan masuk dan diperdagangkan ke negara tujuan ekspor.

Perbedaan regulasi teknis dan standar disetiap negara dapat menyebabkan friksi dan perselisihan pada perdagangan internasional. Oleh karena itu, dibutuhkan standarisasi internasional yang mengatur tentang keamanan pangan.

Internasional Organization for Standarization (ISO) mengeluarkan ISO 22000 yang merupakan standar Sistem Manajemen Keamanan Pangan dengan menggunakan pendekatan manajemen sistem dan HACCP. Sejak dikeluarkan tahun 2005, ISO 22000 telah sukses diimplementasikan pada ratusan perusahaan di seluruh dunia.

Selain ISO kita mengenal Global Food Safety Initiative (GFSI) organisasi yang berperan penting dalam Food Safety Systems. GFSI mengakui empat food safety schemes, yaitu IFS, SQF, BRC dan Dutch HACCP.

Food Safety Systems Certification (FSSC) adalah standar yang baru untuk food manufactures dan merupakan integrasi dari ISO 22000 dan PAS 220. FSSC 22000 sudah diakui oleh GFSI pada tanggal 23 Februari 2010.

 

Presentasi CPPOB_Dirjen Agro (Faiz Ahmad).ppt  

Implementasi ISO 22000_Shangri-La Hotel Jakarta.ppt  

Sharing Session Food Safety System Implementation in Coca-Cola.pdf