Berita Hangat

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya BPOM

Posted On : 2014-07-17 12:17:25

 

Dalam sambutan selesai mengambil sumpah jabatan dan penandatanganan fakta integritas, Dr. Roy Sparringa mencanangkan peningkatan pelayanan dengan senyum berlaku setelah hari Raya Idul Fitri 1435 H. Tahun 2014 ini.

Mengambil strategi dari industri, BPOM akan menerapkan pelayanan dengan strategi 4 C. Yaitu : Customer, Company, Competitor dan Change.
1. Customer   : Perusahaan dari industri Makanan dan Minuman, serta Industri Obat-obatan dan Kosmetik.
2. Company   : BPOM RI dan jajarannyua.
3. Competitor : Instansi terkait sebagai regulator di bidang pangan, obat dan Kosmetik. Serta Regulator di bidang kesehatan dan foodsafety.
4. Change     :  Perubahan yang selalu terjadi dan harus diantisipasi, diikuti sehingga tidak tertinggal kemajuan zaman dan teknologi.

Sebagai contoh, dari kunjungan ke USA dan Korea Selatan awal Juli 2014 bersama Asosiasi Pangan, penerapan standard-standard di luar sudah sangat maju dan penting. Di Indonesia kita masih sibuk untuk menerapkan HACCP, sementara di luar sudah menerapkan Standard BRC (British Retail Consortium).

Dengan demikian, tugas Deputi 3 BPOM RI akan semakin berat. Dr. Roy Sparringa sebelumnya menjabat Deputi 3 BPOM menggantikan Prof. Dr. Dedi Fardiaz. Pada saat pelantikan Drs. Suratmono, Prof. Dedi Fardiaz menyaksikan pelantikan penerusnya.

Oleh : Farchad Poeradisastra